Rabu, 13 April 2011

membuat kontur di autoCAD


Nama : Bisri Alfarisi
NIM : 0901688

Cara Membuat Kontur di AutoCAD 2009
1.      Setelah kita membuka software autoCAD 2009, seperti biasa kita membuat new project terlebih dahulu.
2.      Setelah itu kita akan meng-import data yang akan dijadikan kontur, yaitu dengan cara :
a.       Klik point, pilih export/import points, kemudian pilih import points, maka akan muncul format manager-import points.
b.      Isi kolom formatnya dengan PENZD (comma delimited), lalu source file nya diisi dengan data yang telah kita simpan sebelumnya, lalu ok, maka tampil lah seperti dibawah ini

3.      Selanjutnya klik Terrain, pilih set Current surface, lalu ok (missal : new surface-nya diisi dengan ‘bray’)
4.      Kemudian klik kembali terrain, pilih terrain model explorer (hal ini brtujuan untuk mengecek apkah benar new surface yang kita buat sudah tersimpan).
5.      Kemudian klik shortcut bray 2x, kemudian pilih point file, klik kanan add points from AutoCAD object, kemudian klik points. Lalu pada kotak dialog yang berimpitan dengan kursor autoCAD tilis huruf e, lalu enter, kemudian block semua titik, lalu enter kambali.
6.      Lalu untuk membuat data kontur, kita klik kanan shortcut bray, lalu pilih build, lalu yang yang harus di ceklist hanya use point data file saja (pada kolom surface data option), klik ok.
7.      Apabila muncul kolom done building surface, klik ok.
8.      Kemudian pada command (yang ada dibawah sebelah kiri layar autoCAD tulis E lalu block semua objek/  titik, lalu enter.
9.      Lalu klik terrain, pilih contour styla manager, Ikuti langkahnya seperti gambar dibawah ini lalu ok
 
10.  Setelah itu, klik kembali terrain, pilih create contour, lalu ok (settingannya kita gunakan yang sudah ada), lalu ok, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

11.  Untuk mengatur warnanya, silahkan anda ubah di layer properties manager (ada dipojok kiri atas)

12.  Sekian dan terima kasih.

2 komentar: